PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG RJP PADA PELAJAR SMAN 1 GEDEG
Date
2022-08-16Author
Narulita, Vega Candra
Haryanto, Agus
Hariyono, Rudi
Metadata
Show full item recordAbstract
Henti jantung merupakan keadaan kegawatdaruratan dari penyakit jantung yang
sering terjadi tanpa memandang usia. Pengetahuan tentang bantuan hidup dasar
mengenai RJP sangat diperlukan oleh seluruh kalangan masyarakat dan bahkan
sejak tingkat usia sekolah. Pendidikan kesehatan untuk individu awam sangat
disarankan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan seseorang untuk
melakukan RJP.Tujuan penelitian ini adalah membuktikan pengaruhpendidikan
kesehatan dengan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan tentang RJP
pada pelajar SMAN 1 Gedeg. Metode penelitian yang digunakan adalah pre
eksperimental design dengan rancangan one group pre test-post test.Populasi
seluruh pelajar kelas XI di SMAN 1Gedegsebanyak 400pelajar.Teknik sampling
yang digunakan penelitian ini adalahpurposive samplingsehingga sampel yang
didapatkan sebanyak 80 pelajar.Sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang
resusitasi jantung paru tingkat pengetahuan kurang sebanyak 73 responden
(91,3%). Sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang resusitasi jantung
parudengan media audiovisualsebagian besar responden memiliki tingkat
pengetahuan baik sebanyak 77 responden (96,3%). Instumen dalam penelitian ini
adalah lembar observasi.Berdasarkan hasil analisis uji wilcoxon signed rank test
didapatkan bahwa nilai p value = 0,000 dan α = 0,05 maka hal ini menunjukkan p
< α yang berarti penelitian ini menjukkan bahwa ada pengaruhpendidikan
kesehatan dengan media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan tentang RJP
pada pelajar SMAN 1 Gedeg.Meningkatnya pengetahuan secara signifikan dengan
media audiovisual disebabkan karena responden telah terstimulus dengan
diberikannya pendidikan kesehatan dengan media audiovisual.