• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH HEALTH EDUCATION(AUDIO VISUAL METHOD) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANGGOTA PMR MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI SMAN 1 GEDEG

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (355.6Kb)
    ABSTRAK (109.3Kb)
    HALAMAN KESEDIAAN PUBLIKASI (605.0Kb)
    BAB I (156.6Kb)
    BAB II (151.5Kb)
    BAB III (178.4Kb)
    BAB IV (236.9Kb)
    BAB V (146.2Kb)
    LAMPIRAN (1.182Mb)
    Date
    2022-08-29
    Author
    Gunawan, Aji Prasojo
    Achwandi, Moch
    Pratiwi, Chaterina Janes
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    health education adalah suatu usaha atau kegiatan untuk membantu individu, kelompok dan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan baik tingkat pengetahuan, sikap maupun ketrampilan agar tercapai hidup sehat secara optimal. Banjir adalah ancaman musiman yang terjadi apabila meluapnya tubuh air dari yang ada dan menggenangi wilayah disekitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pre-eksperimental desain menggunakan one–group pretest– posttest. Melibatkan 38 anggota PMR SMAN 1 Gedeg. Analisa data menggunakan uji statistika wilcoxson signed rank test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian pada anggota PMR SMAN 1 Gedeg yang dimana sebelum dilakukan pemberian health education data responden dalam kategori kurang 16 responden dan setelah dilakukan pemberian health education pengetahuan kurang sebanyak 2 responden.Terdapat pengaruh health education (audio visual method) terhadap tingkat pengetahuan anggota PMR menghadapi bencana banjir di SMAN 1 Gedeg ditandai dengan analisa uji statistik yang didapatkan dengan menggunakan SPSS dengan uji wilcoxon signed ranks test Secara statistik nilai P value 0,05 dapat disimpulkan dengan derajat kepercayaan 95% diiyakini bahwa ada pengaruh health education. Kemajuan teknologi dengan pembelajaran dengan media audio visual sangat efetktif dalam menyampaikan pesan pelajaran pada siswa sehingga lebih semangat dalam mengikuti pelajaran dan berdampak terhadap tingginya hasil belajar siswa. Proses pembelajaran dalam media audio visuak menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga, memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/1065
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV