Gambaran Kepuasan Pasien Jkn-Kis Tentang Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap Di RSU Anwar Medika Sidoarjo
Abstract
Mutu atau kualitas pelayanan menjadi elemen penting dalam pelayanan
kesehatan yang dapat memberikan kepuasan pada pasien sebagai pengguna jasa
pelayanan kesehatan. Pada tahun 2019 kepesertaan jaminan kesehatan nasional
(JKN) bersifat wajib bagi seluruh masyarakat, hal ini tentu berdampak pada
dibutuhkannya fasilitas kesehatan yang lebih banyak dari sebelumnya untuk
melayani peserta JKN, sehingga kendali mutu menjadi prioritas untuk mencapai
kepuasan pasien sesuai dengan fasilitas dan pelayanan yang dijanjikan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahuai gamabran kepuasan pasien JKN KIS
terhadap mutu pelayanan rawat inap di RSU Anwar Medika Sidoarjo. Desain
penelitian ini adalah desktiptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien
JKN-KIS di ruang rawat inap RSU Anwar Medika Sidoarjo pada bulan Agustus
2022. Populasi pada bulan Agustus 2022 sebanyak 2.251 orang. Teknik sampling
menggunakan accidental sampling. Sampel pada tanggal 25 Agustus 2022 sejumlah
50 orang. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data
menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian
besar responden puas tentang layanan rawat inap di RSU Anwar Medika Sidoarjo
yaitu 62%, yang merasa sangat puas yaiu 30% responden, sedangkan 8% merasa
kurang puas dengan layanan rawat inap. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum
pasien JKN KIS merasa puas dengan mutu pelayanan rawat inap di RSU Anwar
Medika Sidoarjo. Perawat melaksanakan discharge planning mulai dari saat pasien
masuk, saat perawatan, dan sebelum pasien pulang. Hasil ini disebabkan karena
rumah sakit telah memenuhi harapan pasien baik dari segi jaminan, bukti fisik, dan
empati petugas