PENGARUH EDUKASI KEGAWATDARURATAN TERSEDAK PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN TERHADAP PENGETAHUAN IBU DI POSYANDU LILY DESA JAPAN, KECAMATAN SOOKO MOJOKERTO
Date
2022-09-26Author
Dwi Lestari, Shanti
Haryanto, Agus
Hariyono, Rudi
Metadata
Show full item recordAbstract
Tingginya angka kejadian tersedak pada anak ini, membutuhkan perhatian dan pengetahuan yang baik tentang penanganan yang dapat dilakukan oleh orang tua yang lebih sering bersama anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kegawatdaruratan tersedak pada anak usia 1-3 tahun terhadap pengetahuan ibu di posyandu Lily desa Japan kecamatan Sooko Mojokerto. Rancangan penelitian ini menggunakan pra eksperimen, dengan One Grup Pre Test Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun di Posyandu Lily Desa Japan Kecamatan Sooko Mojokerto yang berjumlah 30 orang. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling dengan total sampling. Variable independent dalam penelitian ini adalah edukasi kegawatdaruratan tersedak pada anak dan variable dependet adalah pengetahuan ibu tentang tersedak. Data diambil dengan kuesioner. Rata-rata tingkat pengetahuan ibu sebelum di berikan edukasi sebesar 42% dan rata-rata tingkat pengetahuan ibu sesudah dilakukan edukasi sebesar 95%. Diperoleh hasil yang signifikan sebesar (p value = 0,000 <0,05), artinya ada pengaruh edukasi kegawatdaruratan tersedak pada anak usia 1-3 tahun terhadap pengetahuan ibu. Edukasi kesehatan tentang penanganan anak tersedak ini menjadi penting bagi ibu, dikarenakan dapat menekan tingginya angka kejadian tersedak pada anak. Diharapkan ibu dapat menerapkan dengan benar panduan untuk penanganan tersedak pada anak.