PENGARUH METODE SAVI PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI NUURUL FALLAH TANGUNAN PURI MOJOKERTO (The Influence of Savi for Fiqih to Increase the Result of Learning for III Grade MI Nuurul Fallah Tangunan Puri Mojokerto)
Abstract
Savi merupakan metode pembelajaran perpaduan antara gerakan fisik,
intelektual serta indera dalam proses belajar. Penelitian bertujuan mengetahui
pengaruh metode savi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI
Nuurul Fallah Tangunan Puri Mojokerto. Penelitian menggunakan metode semi
kuantitatif dengan pendekatan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
penelitian adalah siswa MI Nuurul Fallah kelas III berjumlah 24 responden
dengan kriteria inklusi a. Teregister siswa pada tahun 2020-2021 b. Responden
sehat dan tidak memiliki cacat fisik c. Responden tidak pernah tinggal kelas.
Tehnik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data
menggunakan uji komparasi nonparametric wilcoxom signed rank test dengan
nilai P value sebesar 0,001. Artinya, jika nilai P value <0,05 maka H0ditolak dan
H1diterima, Artiya,ada peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI Nuurul Fallah
setelah dilakukan pembelajaran menggunakan savi. Metode savi efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa karena penyajian menarik dan terdapat video
pembelajaran langsung bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran.