dc.description.abstract | Komunikasi terapeutik sebagai dorongan dan kerja sama melalui
hubungan perawat dengan pasien yang dirancang untuk mencapai tujuan terapy
dalam pencapaian tingkat kesembuhan optimal dan efektif. Pelayanan
keperawatan yang diberikan semakin baik akan meningkatkan kepuasan pasien.
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan hubungan komunikasi terapeutik
perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Mawar RS Kamar Medika
Kota Mojokerto.Desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan
crossectional, populasinya seluruh pasien rawat inap di Ruang Mawar RS
Kamar Medika Kota Mojokerto yang setiap bulannya mencapai 70 pasien
dengan didapatkan sampel 41 responden dengan teknik simple random
sampling. Variabel independennya komunikasi terapeutik dan perawat dan
variabel dependennya tingkat kepuasan pasien. Pengumpulan data dilakukan
dengan pengisian lembar kuesioner yang dibuat oleh peneliti dan di isi oleh
responden. Setelah terkumpul dilakukan pengolahan data dan dilanjut dengan uji
statistik Spearman’ Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir
setengahnya (36,6%) responden menilai komunikasi terapeutik dengan kategori
baik, hampir setengahnya (39,0%) responden menilai tingkat kepuasan dengan
kategori puas, sebagian besar (73,4%) responden yang menilai komunikasi
terapeutik perawat kategori baik, maka responden merasa puas. Hasil uji
spearman’s rho menunjukkan nilai p value = 0,000 maka kedua variabel
tersebut berkorelasi yang artinya H1 diterima, yaitu ada hubungan komunikasi
terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Mawar RS Kamar
Medika. Koefisien korelasi dari kedua variabel menunjukkan nilai r = 0,566
maka dikatakan keeratan hubungan cukup kuat. Dengan nilai koefisien korelasi
yang positif, maka hubungan kedua variabelnya juga positif. Artinya semakin
baik komunikasi terapeutik perawat maka semakin puas pula tingkat kepuasan
responden. Maka perlu adanya pelatihan kepada perawat agar dapat menambah
keterampilan komunikasi terapeutik yang lebih baik, dan pelayanan berkualitas
yang seharusnya diterima responden. | en_US |