HUBUNGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DENGAN PELAYANAN PRIMA DI RUMAH SAKIT MAWADDAH MEDIKA MOJOKERTO
Abstract
Kepuasan kerja perawat secara langsung mempengaruhi kualitas perawatan pasien. Apabila terjadi ketidakpuasan maka perawat cenderung berhenti dari pekerjaannya. Karyawan yang merasa puas dengan pekerjaannya biasanya lebih antusias terhadap pekerjaan di bidangnya. Kepuasan kerja perawat sebagai faktor kunci keberhasilan demi meningkatkan pelayanan yang optimal untuk rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya hubungan kepuasan kerja perawat dengan pelayanan prima di rumah sakit Mawaddah Medika Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan studi cross sectional. Populasinya semua perawat yang berjumlah 77 orang dan pasien rawat inap rumah sakit Mawaddah Medika Mojokerto. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling (perawat) dan consecutive sampling (pasien) sehingga jumlah sampel yang di dapat 88 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil uji Spearman Rho didapatkan bahwa nilai p-velue = 0,004 ; α < 0,05 dengan nilai coefficient correlation sebesar 0,423 maka hal ini menunjukkan ada hubungan yang cukup kuat antara kepuasan kerja perawat dengan pelayanan prima di RS Mawaddah Medika Mojokerto. Semakin tinggi kepuasan kerja perawat maka semakin baik pelayanan di rumah sakit Mawaddah Medika Mojokerto.