HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM STIMULASI BAHASA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH DI KB HIDAYATUL ILMI KABUPATEN MOJOKERTO
dc.contributor.author | Indianti, Oktavia | |
dc.contributor.author | Ratnaningsih, Tri | |
dc.contributor.author | Peni, Tri | |
dc.date.accessioned | 2023-10-13T13:58:18Z | |
dc.date.available | 2023-10-13T13:58:18Z | |
dc.date.issued | 2023-09-12 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/2315 | |
dc.description.abstract | Stimulasi merupakan kegiatan merangsang kemampuan dasar anak agar anak berkembang secara optimal. Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin sedini mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan peran orang tua dalam stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa anak prasekolah di KB Hidayatul Ilmi Kabupaten Mojokerto. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah orang tua di KB Hidayatul Ilmi Kabupaten Mojokerto sebanyak 30 responden. Sampel penelitian ini adalah orang tua siswa. Teknik sampling menggunakan Total Sampling. Instrumen menggunakan kuesioner peran orang tua dan kuesioner perkembangan bahasa. Analisis data menggunakan crosstab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden Sebagian besar memiliki peran tinggi sebanyak 16 (53,3%) dengan perkembangan bahasa anak baik. Perkembangan bahasa anak yang mendapat stimulasi sejak dini dari orang tua memiliki perkembangan bahasa yang lebih baik dibanding dengan anak yang kurang atau terlambat mendapat stimulasi. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BINA SEHAT | en_US |
dc.subject | Peran orang tua | en_US |
dc.subject | Perkembangan bahasa | en_US |
dc.title | HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM STIMULASI BAHASA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH DI KB HIDAYATUL ILMI KABUPATEN MOJOKERTO | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |