Gambaran Kepuasan Pasien Tentang Pelayanan Kesehatan Di TPMB Lida Khalimatus Sa'diyah Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto
Date
2024-02-26Author
Wulandari, Susi
Puji Suryantini, Naning
Meilinawati, Elies
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan merupakan bagian penting dan menunjang kinerja Bidan. Pelayanan kesehatan yang bermutu semakin dicari, dan untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat sehigga Bidan harus mampu memberikan kepuasan terhadap pasien karena bila pasien tidak puas, maka jumlah kunjungan akan menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien tentang pelayanan Kesehatan di TPMB Lida Khalimatus Sa’diah. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua pasien di TPMB Lida Khalimatus Sa’diah Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto pada bulan Maret 2024. Teknik sampling menggunakan accidental sampling dan didapatkan 35 responden. Instrument penelitian ini adalah kuesioner kepuasan pasien. Analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa puas dengan pelayanan kesehatan di TPMB Lida Khalimatus Sa’diah Kecamatan Puri sebanyak 25 orang (71,4%), sedangkan yang merasa sangat puas sebanyak 5 orang (14,3%), dan yang merasa tidak puas sebanyak 5 orang (14,3%). Pasien merasa bahwa pelayanan yang diberikan sudah baik dan sesuai dengan persepsinya.