PENGARUH EDUKASI BREAST SELF EXAMINATION BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MELAKUKAN BREAST SELF-EXAMINATION
Date
2024-08-20Author
DWI VERNANDA, BUNCI
IBNU, FAISAL
AZIZAH KUSUMA, UMI
Metadata
Show full item recordAbstract
Kanker payudara merupakan penyakit yang tidak dapat diabaikan begitu saja sehingga memerlukan banyak upaya yang harus dilakukan untuk pencegahan, diantaranya adalah pengembangan pendidikan dan pengetahuan tentang penyakit kanker payudara. Salah satu usaha untuk mendeteksi kanker payudara adalah melakukan skrining secara mandiri supaya tidak kejadian kanker payudara dapat terdeteksi secara dini. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh edukasi breast self-examination berbasis audiovisual terhadap penningkatan keterampila breast self-examination pada remaja putri di SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Metode pengambilan sampel dengan cara random sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 113 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner oleh Wahyuningtyas. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (p=),00) dan =0,05 sehingga p< yang bermakna ada pengaruh pada edukasi breast self examination terhadap keterampilan melaksanakan skrining breast self examination. Pengaruh edukasi breast self examination berbasis audiovisual memiliki nilai negative (Z = -7.987) yang bermakna bahwa adanya peningkatan dari nilai postest menjadi lebih baik. Edukasi breast self-examination berbasis audiovisual dapat menambah pengetahuan mengenai kanker payudara sehingga keterampilan skrining payudara secara mandiri dapat dilakukan dan penanganan kanker payudara dapat segera tertangani.