GAMBARAN POLA ASUH ORANG TUA SISWA DI SDN CEPOKOLIMO PACET MOJOKERTO
Date
2024-08-26Author
Afinda, Dwi Nur
Ma'rifah, Asirotul
Purwati, Heni
Metadata
Show full item recordAbstract
Pola asuh mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang anak dan memiliki
dampak yang cukup besar. Ketika anak-anak diperlakukan dengan baik, mereka
akan mendapatkan rasa aman. sebaliknya, memperlakukan anak dengan buruk
dapat menanamkan kecemasan dan ketegangan dalam diri mereka, yang dapat
berdampak parah pada kesehatan psikologis anak. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui gambaran pola asuh orang tua siswa di SDN Cepokolimo. Penelitian
ini menggunakan rancangan penelitian Deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa SD kelas 4, 5 dan 6 di SDN
Cepokolimo Pacet Mojokerto yang berjumlah 42 siswa. Sampling yang digunakan
adalah Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua anak
kelas kelas 4, 5 dan 6 SDN Cepokolimo Pacet Mojokerto yang berjumlah 42 siswa
Instrumen yang digunakan adalah Modifikasi Parenting Styles and Dimentions
Questionnaire-Short Version (PSDQ-SV) dengan 2 pernyataan favorable dan
unfavorable. Hasil Penelitian menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan
pola asuh demokratis sebanyak 22 orang tua siswa (52.4%). Hasil analisis
menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis dengan
mengizinkan anak-anak untuk menyuarakan pendapat mereka, melakukan kontrol
yang efektif atas perilaku mereka dan menunjukkan kepedulian kepada anak
mereka. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua hendaknya di sesuaikan dengan
kebutuhan anak adakalanya perlu menerapkan pola asuh demokratis, permisif dan
otoriter