dc.contributor.author | Syilla, Imania | |
dc.date.accessioned | 2024-09-09T02:59:02Z | |
dc.date.available | 2024-09-09T02:59:02Z | |
dc.date.issued | 2024-05-04 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/2583 | |
dc.description | One of the important components in children's growth and development is motor skills. A study by the Department of Health in 2023 stated that gross motor development disorders affect up to 85,779 (62.02%) preschool children. This study aims to analyze the effect of fantasy gymnastics on gross motor development in class A at Hasan Munadi Kindergarten Gempol Pasuruan. With a quantitative method through a one group pretest and posttest design approach with a total sampling technique of 23 respondents. The results of the study found that the most pretest scores were in the doubtful category (7-8), namely 19 respondents (82.6%). And after fantasy gymnastics, the posttest scores increased the most in the appropriate category (9-10), namely 21 respondents (91.3%). And analyzed using the Wilcoxon test, the p-value was 0.0001, the significance value <0.05, namely that it can be concluded that there is a difference in the pretest and posttest scores in the gross motor development of preschool children before and after fantasy gymnastics. Providing fantasy gymnastics to improve gross motor development in preschool children received many positive responses from teachers, children, and even their parents. In addition to receiving many positive responses from children, there are some children who are still shy, busy in their own world and afraid to do these activities. Lack of interest in learning due to internal factors related to physical, fear, and pain. Parents are expected to provide useful support for improving gross motor development in children so that children can express themselves and continue to develop better. | en_US |
dc.description.abstract | Salah satu komponen penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak adalah keterampilan motorik. Sebuah studi Departemen Kesehatan pada tahun 2023 menyatakan bahwa kelainan perkembangan motorik kasar mempengaruhi hingga 85.779 (62,02%) anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh senam fantasi terhadap perkembangan motorik kasar kelas A Di TK Hasan Munadi Gempol Pasuruan. Dengan metode kuantitatif melalui pendekatan one group pretest and posttest design dengan teknik pemilihan sampel total sampling berjumlah 23 responden. Ditemukan hasil penelitian nilai pretest paling banyak dalam kategori meragukan (7-8) yaitu sebanyak 19 responden (82.6%). Dan setelah dilakukan senam fantasi nilai posttets meningkat paling banyak dalam kategori sesuai (9-10) yaitu sebanyak 21 responden (91.3%). Dan dianailisis menggunakan uji wilcoxon diketahui nilai p-value 0.0001 nilai signifikansi <0.05 yaitu dapat disimpulkan ada perbedaan nilai pretest dan posttest pada perkembangan motorik kasar anak prasekolah sebelum dilakukan senam fantasi dan setelah dilakukan senam fantasi. Pemberian senam fantasi untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak prasekolah memperoleh banyak respon positive dari guru, anak-anak, bahkan orang tua mereka. Selain memperoleh banyak respon positif dari anak-anak, ada beberapa anak masih malu, asik dalam dunianya dan takut dalam melakukan kegiatan tersebut. kurangnya minat anak pada pembelajaran yang dikarenakan faktor internal yang berhubungan dengan fisik, rasa takut, dan rasa sakit. Diharapkan orang tua memberi dukungan yang berguna untuk peningkatan perkembangan motorik kasar pada anak agar anak bisa mengeskpresikan diri dan terus berkembang lebih baik | en_US |
dc.publisher | Perpustakaan Universtias Bina Sehat PPNI Mojokerto | en_US |
dc.subject | Anak Prasekolah, Motorik Kasar, Senam Fantasi | en_US |
dc.title | Pengaruh Senam Fantasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Prasekolah Kelas A di Tk Hasan Munadi Gempol Pasuruan | en_US |
dc.title.alternative | 2024 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |