HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN RANDUGENENGAN KECAMATAN DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO
Date
2024-07-26Author
Diesa, Elok Rahma
Peni, Tri
Laili, Siti Indatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Status gizi kesehatan yang baik tidak dapat membantu anak sekolah dalam meningkatkan pemikiran dan kemampuan belajar anak usia sekolah, status gizi yang rendah pada anak berdampak negatif terhadap pengembangan mutu sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa di SDN Randugenengan Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1,2,3 di SDN Randugenengan Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 60 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, sampel sebanyak 60 anak. Instrumen pada penelitian ini menggunakan timbangan injak dan microtoise untuk mengatahui status gizinya dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan nilai raport, lembar observasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11-20 Juni 2024 di SDN Randugenengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SDN Randugenengan memiliki status gizi yang normal dengan nilai prestasi belajarnya diatas KKM >75 sebanyak 30 responden (50,0%) dan status gizi yang kurang dengan nilai prestasi belajarnya dibawah KKM <75 sebanyak 7 responden (11,7%). Terdapat Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Randugenengan. Karena jika status gizi semakin baik maka prestasi belajar juga semakin baik. Anak yang tercukupi asupan gizinya, anak lebih mudah menerima dan memahami pelajaran, selain itu jika anak mengikuti bimbingan belajar diluar sekolah juga dapat meningkatkan prestasi belajar anak sehingga anak dapat memperoleh prestasi belajar di atas nilai KKM di sekolah.