HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS V DI MI AL MUSTOFA MOJOKERTO
Date
2024-09-10Author
Safa Maulida, Ananda
Ibnu, Dr. Faisal
Azizah, Umi
Metadata
Show full item recordAbstract
Pola asuh orang tua merupakan faktor yang krusial dalam mempengaruhi perkembangan serta capaian akademik anak. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi akademik anak yaitu dengan pola asuh orang tua yang diterapkan dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar MI AL Mustofa Mojokerto kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan case control. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di MI AL Mustofa Mojokerto, teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling semua siswa sejumlah 50 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada siswa dan dianalisis menggunakan uji statistik spearman rho untuk mengidentifikasi hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa, dengan nilai p value =0,00 < a =0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,768. Pola asuh demokratis terbukti memberikan dampak yang lebih baik terhadap prestasi belajar dibandingkan dengan pola asuh otoriter atau permisif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh orang tua memiliki peran penting dalam mendukung prestasi belajar siswa. Orang tua disarankan untuk lebih memahami pentingnya penerapan pola asuh demokratis guna menunjang perkembangan akademik anak. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk melakukan edukasi kepada orang tua mengenai pola asuh yang efektif.