Show simple item record

dc.contributor.authorSAKTYARINI, NANING
dc.contributor.authorSajidin, Muhammad
dc.contributor.authorAzizah, Umi
dc.date.accessioned2024-09-23T02:30:12Z
dc.date.available2024-09-23T02:30:12Z
dc.date.issued2024-08-24
dc.identifier.urihttps://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/2848
dc.description.abstractKepuasan pasien adalah salah satu alat ukur untuk menilai mutu pelayanan kesehatan, mutu pelayanan Kesehatan dinilai dari kinerja pelayanan yang telah diberikan kepada pasien. Di Puskesmas Trosobo diketahui bahwa masih ada pasien yang menyatakan kurang puas terhadap pelayanan di Puskesmas. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui Tingkat kepuasan pasien berobat terhadap pelayanan petugas puskesmas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah jumlah seluruh kunjungan pasien berobat di Puskesmas Trosobo sebanyak 60 responden dan penentuan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 62 responden menggunakan Teknik non probability sampling dengan cara quota sampling. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Puskesmas Trosobo diketahui bahwa masih ditemukan beberapa responden yang menyatakan kurang puas pada saat pelayanan di Puskesmas. Berdasarkan hasil analisis pada setiap dimensi dapat diketahui bahwa dari 52 responden, pada dimensi tangibles sebagian besar menyatakan puas 57%. Pada dimensi reliability sebagian besar menyatakan cukup puas 60%. Pada dimensi responsiveness sebagian besar menyatakan cukup puas 59%. Pada dimensi assurance sebagian besar menyatakan cukup puas 40%. Pada dimensi emphaty sebagian besar menyatakan cukup puas 61%. Dengan demikian dimensi emphaty memiliki tingkat kepuasan tertinggi 61%. Saran yang diusulkan yaitu Puskesmas perlu meningkatkan pelayanan di Puskesmas agar pasien tidak bosan pada saat menunggu, petugas harus lebih sabar dalam bertugas dan bersikap lebih ramah kepada pasien, meningkatkan komunikasi kepada pasien supaya pasien paham dengan informasi yang diberikan dan kecepatan petugas dalam melayani pasien perlu ditingkatkanen_US
dc.publisherPerpustakaan Universitas Bina Sehat PPNIen_US
dc.subjectKepuasan, Pelayanan Kesehatanen_US
dc.titleGAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS TROSOBO KABUPATEN SIDOARJOen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record