HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PELAYANAN PADA PASIEN RAWAT INAP RSUD SUMBERGLAGAH PACET KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Kepuasan pasien mencerminkan persepsi dan kebutuhan pasien terhadap pemanfatan layanan Kesehatan. Ketidak puasan pasien timbul karena terjadinya kesenjangan antara harapan pasien dengan kinerja layanan yang dirasakannya sewaktu menggunakan layanan Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien dalam pelayanan Kesehatan di RSUD Sumberglagah Pacet Mojokerto. Desain penelitian ini mengunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah Sebagian pasien rawat inap RSUD Sumberglagah Pacet Mojokerto pada bulan Agustus 2024 sebanyak 39 pasien. Instrument dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisa data menggunakan uji Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh responden menilai kinerja perawat baik yaitu 35 orang (89,7%) dan Sebagian besar responden merasa puas dengan pelayanan di RSUD Sumberglagah Pacet Mojokerto yaitu 34 orang (87,2%). Hasil uji Spearman Rho menunjukkan bahwa Pvalue = 0,000 < α =0,05 dengan niali coefficient correlation sebesar 0,657 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Sumberglagah Pacet Mojokerto dimana semakin baik kinerja perawat, maka akan semakin puas pasien. Responden yang menilai kinerja perawat baik akan merasa puas terhadap layanan Kesehatan rumah sakit karena merasa bahwa pelayanan yang diberikan sudah mampu untuk memenuhi harapannya .