dc.description.abstract | Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu asupan makanan bayi yang
berkualitas serta tidak dapat digantikan oleh makanan lain. Namun kenyataannya,
belum semua komponen masyarakat yang memahami tentang pentingnya
pemberian ASI sehingga masih banyak ibu yang memberikan makanan selain ASI
kepada bayinya yang berusia 0-6bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh promosi kesehatan ASI Ekslusif melalui aplikasi SITENSIE terhadap
perilaku ibu dalam memberikan ASI Ekslusif di Desa Cowek Kecamatan
Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan desain Pra-
Eksperimen dengan pendekatan one group pre-post test. Sampel penelitian ini yaitu
ibu yang memiliki bayi berusia 0-6 bulan berjumlah 40 orang dengan menggunakan
teknik sampling Total Sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei
2021. Analisis data menggunakan Uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dengan
α (0,05). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan perilaku dari sebelum
dilakukan intervensi sebanyak 16 responden (40%) berperilaku positif menjadi 27
responden (67,5%) yang memberikan ASI Ekslusif atau berperilaku positif setelah
dilakukan intervensi. Berdasarkan Uji Wilcoxon Signed Rank Test, ada pengaruh
promosi kesehatan melalui aplikasi SITENSIE terhadap perilaku Ibu dalam
memberikan ASI Ekslusif di Desa Cowek Kecamatan Purwodadi Kabupaten
Pasuruan (ρvalue = 0.028 ≤ 0,05). Perilaku seseorang bisa berubah salah satunya
dikarenakan pengetahuan yang baik. Pengetahuan seseorang didapatkan melalui
sumber informasi. Sebelum adanya intervensi sebagian besar responden mendapatkan
pengetahuan hanya melalui tenaga kesehatan namun setelah adanya intervensi
pengetahuan responden bukan hanya melalui tenaga kesehatan namun melalui
aplikasi SITENSIE yang ada. Sehingga jika pengetahuan seseorang bertambah dan
pengetahuan seseorang itu baik maka akan merubah perilaku seseorang itu dari negatif
menjadi positif. | en_US |