• Login
    View Item 
    •   Home
    • KARYA TULIS DOSEN
    • FIKES
    • View Item
    •   Home
    • KARYA TULIS DOSEN
    • FIKES
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS DIGITAL

    Thumbnail
    View/Open
    MANUSKRIP (306.7Kb)
    SIMILARITAS (412.8Kb)
    Date
    2025-03-30
    Author
    Yulianti, Uki Hares
    Rukhmana, Trisna
    Al Ikhlas, Al Ikhlas
    Melasarianti, Lalita
    Yulianti, Siska Dwi
    Zainudin, Moh.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Implementasi Kurikulum Merdeka berbasis digital di Indonesia menghadapi tantangan kompleks meskipun menawarkan peluang transformasi pendidikan yang signifikan. Penelitian kualitatif ini mengkaji dinamika penerapan kurikulum tersebut di lima sekolah percontohan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Temuan penelitian mengungkap tiga tantangan utama: (1) kesenjangan infrastruktur digital antara wilayah perkotaan dan pedesaan, (2) variasi kompetensi digital guru yang dipengaruhi faktor generasi, dan (3) disparitas literasi digital peserta didik. Studi ini menemukan bahwa solusi efektif sering muncul dari adaptasi kreatif sumber daya lokal, seperti pemanfaatan aplikasi pesan instan untuk pembelajaran di daerah terbatas infrastruktur. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi bergantung pada sinergi multipihak antara sekolah, pemerintah, orang tua, dan dunia usaha. Sekolah dengan kepemimpinan visioner dan program pelatihan guru berkelanjutan menunjukkan kemajuan lebih pesat dalam mengintegrasikan teknologi dengan prinsip pembelajaran merdeka. Penelitian ini menyoroti perlunya pendekatan holistik yang menyeimbangkan aspek teknis dengan pertimbangan pedagogis, di mana teknologi berfungsi sebagai alat mencapai tujuan pembelajaran bukan sebagai tujuan akhir. Rekomendasi kebijakan difokuskan pada pemerataan infrastruktur, penguatan kapasitas guru melalui pendampingan intensif, dan pengembangan sistem evaluasi yang komprehensif. Temuan ini memberikan kerangka acuan bagi pengembangan Kurikulum Merdeka berbasis digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan di berbagai konteks sekolah di Indonesia.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3695
    Collections
    • FIKES

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV