Show simple item record

dc.contributor.authorYulianti, Uki Hares
dc.contributor.authorRukhmana, Trisna
dc.contributor.authorAl Ikhlas, Al Ikhlas
dc.contributor.authorMelasarianti, Lalita
dc.contributor.authorYulianti, Siska Dwi
dc.contributor.authorZainudin, Moh.
dc.date.accessioned2025-09-08T05:21:22Z
dc.date.available2025-09-08T05:21:22Z
dc.date.issued2025-03-30
dc.identifier.urihttps://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3695
dc.description.abstractImplementasi Kurikulum Merdeka berbasis digital di Indonesia menghadapi tantangan kompleks meskipun menawarkan peluang transformasi pendidikan yang signifikan. Penelitian kualitatif ini mengkaji dinamika penerapan kurikulum tersebut di lima sekolah percontohan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Temuan penelitian mengungkap tiga tantangan utama: (1) kesenjangan infrastruktur digital antara wilayah perkotaan dan pedesaan, (2) variasi kompetensi digital guru yang dipengaruhi faktor generasi, dan (3) disparitas literasi digital peserta didik. Studi ini menemukan bahwa solusi efektif sering muncul dari adaptasi kreatif sumber daya lokal, seperti pemanfaatan aplikasi pesan instan untuk pembelajaran di daerah terbatas infrastruktur. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi bergantung pada sinergi multipihak antara sekolah, pemerintah, orang tua, dan dunia usaha. Sekolah dengan kepemimpinan visioner dan program pelatihan guru berkelanjutan menunjukkan kemajuan lebih pesat dalam mengintegrasikan teknologi dengan prinsip pembelajaran merdeka. Penelitian ini menyoroti perlunya pendekatan holistik yang menyeimbangkan aspek teknis dengan pertimbangan pedagogis, di mana teknologi berfungsi sebagai alat mencapai tujuan pembelajaran bukan sebagai tujuan akhir. Rekomendasi kebijakan difokuskan pada pemerataan infrastruktur, penguatan kapasitas guru melalui pendampingan intensif, dan pengembangan sistem evaluasi yang komprehensif. Temuan ini memberikan kerangka acuan bagi pengembangan Kurikulum Merdeka berbasis digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan di berbagai konteks sekolah di Indonesia.en_US
dc.publisherJurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS)en_US
dc.relation.ispartofseriesVolume 6, Nomor 1, Maret 2025;
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectTransformasi Digitalen_US
dc.subjectKesenjangan Pendidikanen_US
dc.subjectLiterasi Digitalen_US
dc.subjectPembelajaran Inovatifen_US
dc.titleTANTANGAN DAN SOLUSI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS DIGITALen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record