HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SDN GADING JATIREJO KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting bagi manusia baik pendidikan formal maupun non formal. Salah satu faktor penting untuk berhasil dalam pendidikan mampu belajar adalah motivasi belajar. Motivasi ini tidak tumbuh dalam diri anak, melainkan motivasi juga bisa tumbuh karena adanya faktor penggerak atau dorongan, salah satunya adalah dari dalam keluarga. Orang tua memegang peran penting karena orang tua adalah pendidik utama dan pertama dalam kehidupana anak dan pola asuh orang tua adalah bagian terpenting. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar anak di SDN Gading Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Desain penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 dan 5 SDN Gading Jatirejo Kabupaten Mojokerto sebanyak 33 responden. Teknik sampling penelitian ini adalah total sampling. Intrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunkan Crosstab. Hasil penelitian diperoleh pola asuh sangat baik dengan motivasi tinggi (91,7%). Jadi dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar anak di SDN Gading Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Bahwa semakin baik pola asuh orang tua maka semakin tinggi motivasi belajar pada anak. Sehingga untuk meningkatkan motivasi belajar anak, orang tua harus bersikap positif dan memberikan tindakan yang sesuai dalam mengasuh dan mendidik anak.