• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Health Education Tentang Cuci Tangan Melalui Media Bernyanyi Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pada Anak Usia Sekolah Di SDN Mojosari

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (552.6Kb)
    ABSTRAK (1.278Mb)
    HALAMAN KESEDIAAN PUBLIKASI (275.7Kb)
    BAB I (228.4Kb)
    BAB II (730.9Kb)
    BAB III (368.8Kb)
    BAB IV (442.6Kb)
    BAB V (240.5Kb)
    LAMPIRAN (2.411Mb)
    Date
    2022-09-13
    Author
    Pramaisela Trisilo, Meri
    Peni, Tri
    Indatul Laili, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan cuci tangan pada anak usia sekolah yaitu pengetahuan tentang cuci tangan yang benar. Pengetahuan dapat diperoleh melalui health education. Health education dapat diberikan melalui media bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh health education tentang cuci tangan melalui media bernyanyi terhadap kemampuan cuci tangan pada anak usia sekolah. Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 di SDN Mojosari Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto dan Sampel 50 responden dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dalam bentuk ceklist observasi. Tempat penelitian dilakukan di SDN Mojosari Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto pada tanggal 27-29 Juli 2022. Analisa data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah responden yang mengalami peningkatan kemampuan mencuci tangan sebanyak 47 responden (94%), sedangkan yang ties (tetap) sebanyak 3 responden (6%). Hasil analisa Uji Wilcoxon didapatkan p value sebesar 0,000 kurang dari α (0,05) sehingga H1 diterima yang artinya ada pengaruh health education tentang cuci tangan melalui media bernyanyi terhadap kemampuan cuci tangan pada anak usia sekolah di SDN Mojosari. Meningkatnya kemampuan cuci tangan secara signifikan disebabkan responden telah diberikan edukasi bernyanyi dapat berpengaruh karena media bernyanyi dapat merangsang imajinasi anak, dan memberi stimulus yang cukup terhadap otak sehingga mendorong kognitif anak dengan cepat dan penyampaian informasi dapat ditangkap dengan mudah oleh anak.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/1112
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2022

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV