PENGARUH HEALTH EDUCATION TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MELALUI MEDIA STORYTELLING TERHADAP PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi tidak diterapkannya PHBS di sekolah adalah kurangnya pengetahuan anak tentang PHBS. Pengetahuan dapat diperoleh melalui health education dengan media storytelling disertaidengan flashcards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh health education tentang perilaku hidup bersih dan sehat melalui media storytelling terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar. Desain penelitian inimenggunakan pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest-post testdesign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 di SDN Mojosari Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto pada tanggal 28-29 Juli 2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden dengan teknik Total Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dalam bentuk pertanyaan. Analisa data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian terdapat perubahan dari sebelum dan sesudah dilakukan health education sebanyak 42 responden mengalami peningkatan pengetahuan dan responden yang memiliki tingkat pengetahuan tetap terdapat 8 responden. Dari hasil analisa data Wilcoxson signed Rank Test didapatkan hasil p value sebesar 0,000 kurang dari α (0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada Pengaruh Health Education Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Media Storytelling Terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasardi SDN Mojosari Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Storytelling dengan media flashcards membuat health education yang dilakukan pada anak usia sekolah dasar berjalan secara efektif karena pada anak usia sekolah cenderung menyukai sebuah cerita dan pada media flashcards terdapat tulisan disertai gambar yang dapat mengurangi rasa bosan pada anak saat diberikan materi.