Pengaruh Health Education Menggunakan Media Video Gosok Gigi Terhadap Cara Gosok Gigi Anak Sekolah Dasar
Date
2022-09-30Author
Arifianto, Koko
Ratnaningsih, Tri
Laili, Siti Indatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebiasaan menggosok gigi yang diperkenalkan sejak dini, akan mengarahkan anak pada penerapan kebiasaan menggosok gigi di kemudian hari. Tingkat pengetahuan tentang cara gosok gigi dapat dilakukan melalui health education. Hal ini berkaitan dengan masalah kesehatan gigi yang sering terjadi pada anak usia sekolah dasar. Gosok gigi salah satunya dengan cara gosok gigi dengan benar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh health education menggunakan media video gosok gigi terhadap anak sekolah dasar di SDN Wonokusumo Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Desain penelitian adalah Pra-Eksperimen dengan pendekatan one group pre test-post test design. Populasinya seluruh siswa kelas 1 di SDN Wonokusumo Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto sebanyak 50 responden pada tanggal 15 Agustus 2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dengan teknik Total Sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon signed rank test didapatkan bahwa nilai p value = 0,000 dan a = 0,05 maka hal ini menunjukkan p < a yang berarti penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh health education menggunakan media video gosok gigi terhadap anak sekolah dasar di SDN Wonokusumo Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Pemberian health education menggunakan media video gosok gigi terhadap anak sekolah dasar dapat meningkatkan pengetahuan siswa. Hal ini dipengaruhi karena rasa antusias siswa dalam memperhatikan health education menggunakan media video gosok gigi. Health education video tepat untuk anak usia sekolah karena perkembangan kognitif pada anak bersifat imaginatif.