HUBUNGAN PELAKSANAAN TOILET TRAINING DENGAN KEMANDIRIAN TOILET TRAINING ANAK PRASEKOLAH
Date
2022-08-13Author
wahyuningrum, Izza
Ratna ningsih, Tri
indahtul laili, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Usia prasekolah merupakan usia yang sangat penting untuk perkembangan anak. Pada masa ini, anak mulai mengalami perkembangan kognitif dan belajar mandiri dalam melakukan sesuatu. Toilet training secara umum dapat dilaksanakan pada setiap anak yang sudah memasuki fase kemandirian anak.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pelaksanaan toilet training dengan kemandirian toilet training. Desain penelitian ini menggunakan analitik kolerasi menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak di RA Barhrul Ulum yang berjumlah 50 responden. Teknik sampling penelitian ini adalah total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak di RA Barhrul Ulum yang berjumlah 50 responden, data analisis dengan menggunakan Crosstab. Instrument dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir setengah responden mempunyai pelaksanaan toilet training yang negatif dan tidak mandiri dalam toilet training sebanyak 20 responden (40%). Dan sebagian kecil yang melaksanakan toilet training positif pada kemandirian toilet training dalam kategori tidak mandiri sebanyak 6 responden (21,4). Anak yang tidak mampu melaksanakan toilet training tidak mandiri dalam toilet training. disebabkan karena kurangnya orang tua dalam melaksanakan toilet training pada anak dan anak masih bergantung kepada orang tua sehingga anak tidak bisa mandiri saat toileting