dc.description.abstract | Masa pandemi COVID-19 menjadikan perubahan proses pembelajaran teori, praktikum, dan praktik bagi mahasiswa keperawatan. Proses pembelajaran dapat memberikan hasil optimal berupa indeks prestasi jika mahasiswa keperawatan memiliki efikasi diri dan persepsi akademik yang diharapkan. Tujuan penelitian ini menggambarkan keterkaitan dan faktor yang berpengaruh pada efikasi diri, kontrol persepsi, dan indeks prestasi. Desain penelitian yang digunakan survei. Sampel sebanyak 300 mahasiswa keperawatan aktif di Provinsi Jawa Timur yang melaksanakan belajar dari rumah pada tahun akademik 2020/2021 yang dipilih secara sampling acak sederhana. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner google form yang diisi secara daring pada tanggal 8 – 30 Juli 2021. Nilai efikasi diri pada kepercayaan diri melaksanakan kegiatan akademik sebesar 39,14 ± 8,12 dan keyakinan diri keberhasilan akademik sebesar 43,13 ± 6,61. Nilai persepsi akademik pada afeksi positif sebesar 31,49 ± 5,39 dan afeksi negatif sebesar 28,27 ± 2,88; yang dikategorikan afeksi positif sebanyak 89,0% dan afeksi negatif sebanyak 11,0%. Nilai indeks prestasi sebesar 3,55 ± 0,21. Efikasi diri berhubungan sedang dengan persepsi akademik dan berhubungan lemah dengan indeks prestasi. Faktor yang berpengaruh yaitu jenis kelamin, semester yang ditempuh saat ini, tahun akademik awal masuk, dan jenjang pendidikan keperawatan. Efikasi diri diperlukan agar dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu dan persepsi akademik perlu ditingkatkan untuk pembelajaran praktik. | en_US |