PENGARUH PENDIDIKAN GIZI SEIMBANG MELALUI MEDIA NUTRIEDUTAIMENT MODIFIKASI TERHADAP PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR
Date
2023-09-15Author
Erlina, Erlina
Sajidin, Muhammad
Andriyanto, Arief
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengetahuan akan gizi seimbang sangat penting dikarenakan rata-rata anak usia sekolah lebih suka memilih makanan yang mereka sukai tanpa memikirkan jenis atau kandungan makanan tersebut. Pemilhan makanan oleh anak usia sekolah dibutuhkan adanya pemberian informasi. Pemberian informasi ini melalui pendidikan kesehatan yang memanfaatkan metode dan media. Media yang bisa diberikan yaitu dengan pendekatan nutriedutainment yang dimana kegiatan tersebut menggabungkan antara edukasi nutrisi dan hiburan sehingga proses pendidikan dan pengajaran nutrisi menjadi menarik juga dapat dengan cepat dipahami. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pendidikan gizi seimbang melalui media nutriedutaiment modifikasi terhadap pengetahuan anak sekolah dasar. Desain pra eksperimen dengan pendekatan one group pretest-post test design. Sampel pada penelitian ini adalah 40 siswa di MI Roudotul Ulum Dandanggendis yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah kursioner yang berisi 21 pertanyaan. Hasil penelitian ini diperoleh sebanyak 24 responden (60%) memiliki pengetahuan kurang sebelum diberikan intervensi menjadi baik setelah diberikan intervensi. Hasil uji wilcoxon menunjukan p=0,001 < a=0,05 sesuai dengan dasar pengambilan keputusan terdapat pengaruh pendidikan gizi seimbang melalui media nutriedutaiment modifikasi terhadap pengetahuan anak sekolah dasar. Peningkatan pengetahuan anak usia sekolah terjadi karena media yang digunakan lebih interaktif. Rekomendasi untuk perawat puskesmas yang memegang progam UKS diharapkan memberikan intervensi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dengan memanfaatkan metode dan media yang edukatif.