HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM STIMULASI BAHASA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH DI KB HIDAYATUL ILMI KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Stimulasi merupakan kegiatan merangsang kemampuan dasar anak agar anak
berkembang secara optimal. Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin sedini
mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Tujuan penelitian ini
mengetahui hubungan peran orang tua dalam stimulasi bahasa dengan
perkembangan bahasa anak prasekolah di KB Hidayatul Ilmi Kabupaten
Mojokerto. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi pada
penelitian ini adalah orang tua di KB Hidayatul Ilmi Kabupaten Mojokerto
sebanyak 30 responden. Sampel penelitian ini adalah orang tua siswa. Teknik
sampling menggunakan Total Sampling. Instrumen menggunakan kuesioner peran
orang tua dan kuesioner perkembangan bahasa. Analisis data menggunakan
crosstab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden Sebagian besar
memiliki peran tinggi sebanyak 16 (53,3%) dengan perkembangan bahasa anak
baik. Perkembangan bahasa anak yang mendapat stimulasi sejak dini dari orang
tua memiliki perkembangan bahasa yang lebih baik dibanding dengan anak yang
kurang atau terlambat mendapat stimulasi.