Analisis Hubungan Motivasi, Penghargaan dan Koordinasi Kerja Dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Wamena
Date
2023-10-05Author
Lestari, Indah
Saudah, Noer
Sari Sarwom, Bin Sandya
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang Sumber Daya Manusia adalah penarikan, seleksi, pengembang, pemelihara dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan tujuan individu maupun organisasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan motivasi,penghargaan dan koordinasi kerja terhadap kinerja perawat dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Wamena. Dalam memberi sejumlah layanan dibidang kesehatan, tentunya dibutuhkan perawat yang mempunyai kinerja optimal. Kinerja dari seorang perawat bisa ditinjau dari asuhan keperawatan yang dijalankan pada setiap pasien. Untuk mendukung terwujudnya tujuan organisasi serta untuk meningkatkan citra rumah sakit di hadapan masyarakat maka dibutuhkan kinerja perawat yang baik Metode Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan teknik Simple Random Sampling jumlah populasi sejumlah 146 responden dan sampel sebanyak 107 responden yang diambil. Hasil temuan didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki motivasi kategori tinggi sebanyak 56 responden (52%). Penghargaan memiliki kategori cukup sebanyak 48 responden (45%). Responden koordinasi dalam kategori baik sebanyak 56 responden (52%). Dan responden yang memiliki kinerja dalam kategori baik sebanyak 58 responden (54%). Berdasarkan hasil analisis Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 maka H1 diterima jadi bahwa secara simultan ada hubungan motivasi, penghargaan dan koordinasi kerja terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Wamena dengan besaran pengaruh 84,3%. Kesimpulan Diharapkan kepada perawat mampu lebih mengorientasikan pada pekerjaan itu sendiri dalam memberikan hasil, dampak, dan manfaat bagi masyarakat dan manajemen Rumah Sakit dengan cara meningkatkan motivasi, memberikan penghargaan yang menyeluruh, sehingga terciptanya saling berkoordinasi dalam meningkatkan kinerja.