HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI KB TK ASY SYIFA BANGSAL MOJOKERTO
Date
2024-06-29Author
KURNIAWATI, DUWI
Ratnaningsih, Tri
Laili, Siti Indatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Penggunaan gadget dapat mengakibatkan dampak negatif yaitu bisa
menghambat interaksi sosial, kemampuan konsentrasi yang menurun,
ketergantungan pada gadget, bahaya radiasi, mendapat informasi yang merugikan
dan anak menjadi tertutup. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara lama penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak prasekolah
di KB TK Asy Syifa Bangsal Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain
analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini
adalah semua orang tua yang memiliki anak prasekolah di KB TK Asy Syifa
Bangsal Mojokerto sebanyak 35 orang. Teknik sampling menggunakan non
probability sampling dengan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35
orang. Variabel independennya lama penggunaan gadget dan variabel dependennya
interaksi sosial anak prasekolah. Data diambil dengan menggunakan kuesioner,
setelah terkumpul dilakukan pengolahan data dan didapatkan penggunaan gadget ≤
1jam dengan interaksi sosial tinggi sebanyak 11 anak (31,4%), dan penggunaan
gadget > 1jam dengan interaksi sosial rendah sebanyak 1 anak (2,9%). Berdasarkan
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungannya penggunaan gadget
dengan interaksi sosial anak prasekolah. Semakin anak bermain gadget dengan
waktu normal yang sudah ditentukan maka semakin baik pula tingkat interaksi
sosialnya. Semakin lama anak menggunakan gadget maka waktu bermain semakin
sedikit dan mengakibatkan interaksi sosial terganggu.