Analisis Penerapan Intervensi Pendidikan Kesehatan Melalui Media Video Pada Pasien Pre Operasi Percutaneous Coronary Intervention (PCI) Dengan Masalah Keperawatan Ansietas Di RSUD Bangil
Abstract
Pasien yang akan menjalani operasi Percutaneous Coronary Intervention (PCI) sering mengalami ansietas karena beberapa hal seperti perubahan fisik, serta takut akan berpisah dengan orang yang dicintainya, takut bius, kecemasan jika operasi gagal, biaya operasi yang sangat mahal. Stres dan kecemasan dapat terjadi juga karena minimnya sebuah informasi yang diterima oleh pasien. Salah satu upaya untuk mengatasi ansietas dengan memberikan pendidikan kesehatan menggunakan aplikasi audio visual yang dibungkus dalam 1 media video. Tujuan pemberian pendidikan kesehatan ini yaitu untuk menurunkan tingkat ansietas pasien. Penelitian ini menggunakan pendidikan kesehatan melalui media video yang dilakukan selama 4-5 menit. Pengambilan subyek pada penelitian ini pada pasien kelolaan utama dengan masalah keperawatan ansietas pada pasien pre operasi Percutaneous Coronary Intervention (PCI) di RSUD Bangil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan pendidikan kesehatan terdapat penurunan tingkat asietas dari ansietas berat menjadi ansietas ringan ditunjang dengan tanda dan gejala berupa rasa kuatir tentang operasi berkurang, tampak tenang, sudah tau tentang PCI. Tindakan keperawatan pendidikan kesehatan melalui media video dapat dilakukan oleh perawat yang sedang bekerja, karena tidak menyita banyak waktu dan mudah diaplikasikan dengan begitu akan dapat mengatasi atau menurunkan tingkat ansietas pasien yang akan menjalani tindakan operasi Percutaneous Coronary Intervention (PCI)