dc.description.abstract | Personal hygiene sangat perlu dan penting untuk dilakukan, karena dapat meminimalisir penyakit infeksi vagina tersebut. Namun kenyataannya, masih banyak remaja yang tidak mengetahui tentang personal hygiene. Kurangnya informasi tentang tentang personal hygiene pada remaja putri dari orang tua maupun sekolah, menyebabkan pengetahuan dan perilaku remaja putri tentang personal hygiene masih sangat kurang. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Salah satu bentuk media yang menarik untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang personal hygiene adalah booklet . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media booklet terhadap pengetahuan tentang personal hygiene pada remaja putri di SMP Negeri 3 Nguling. Desain penelitian menggunakan pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putri kelas VII di SMP Negeri 3 Nguling Pasuruan sebanyak 67 siswa. Teknik sampling menggunakan total sampling. Instrument menggunakan booklet dan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir setengahnya (47,8%) remaja mempunyai pengetahuan kurang sebelum diberikan pendidikan kesehatan, yaitu 32 siswa, dan hampir seluruh (98,5%) remaja mempunyai pengetahuan baik tentang personal hygiene sesudah diberikan pendidikan kesehatan melalui media booklet, yaitu 66 siswa. Hasil uji Wilcoxon Sign Rank menunjukkan nilai pvalue=0,000 atau < α (0,05) sehingga H1 diterima, berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media booklet terhadap pengetahuan tentang personal hygiene pada remaja putri di SMP Negeri 3 Nguling Kabupaten Pasuruan. Booklet dapat menstimulasi imajinasi siswa serta menambah pengetahuan sehingga dapat mempermudah siswa dalam mengetahui tentang personal hygiene serta meningkatkan pemahaman siswa. | en_US |