• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2024
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2024
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR KELAS V DI MI AL MUSTOFA MOJOKERTO

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (2).pdf (1.607Mb)
    ABSTRAK (215.2Kb)
    KETERSEDIAAN PUBLIKASI (412.0Kb)
    BAB I (332.9Kb)
    BAB II (506.0Kb)
    BAB III (377.3Kb)
    BAB IV (648.4Kb)
    BAB V.pdf (468.0Kb)
    LAMPIRAN (3.134Mb)
    HASIL SIMILARITAS (271.9Kb)
    Date
    2024-09-10
    Author
    Safa Maulida, Ananda
    Ibnu, Dr. Faisal
    Azizah, Umi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pola asuh orang tua merupakan faktor yang krusial dalam mempengaruhi perkembangan serta capaian akademik anak. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi akademik anak yaitu dengan pola asuh orang tua yang diterapkan dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar MI AL Mustofa Mojokerto kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan case control. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di MI AL Mustofa Mojokerto, teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling semua siswa sejumlah 50 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada siswa dan dianalisis menggunakan uji statistik spearman rho untuk mengidentifikasi hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa, dengan nilai p value =0,00 < a =0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,768. Pola asuh demokratis terbukti memberikan dampak yang lebih baik terhadap prestasi belajar dibandingkan dengan pola asuh otoriter atau permisif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh orang tua memiliki peran penting dalam mendukung prestasi belajar siswa. Orang tua disarankan untuk lebih memahami pentingnya penerapan pola asuh demokratis guna menunjang perkembangan akademik anak. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk melakukan edukasi kepada orang tua mengenai pola asuh yang efektif.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/2810
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2024

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV