dc.description.abstract | Pendahuluan : Discharge planning telah dilaksanakan dan diberikan
perawat di semua rumah sakit, namun pasien masih merasakan tidak puas terkait
respons dan penjelasan dalam asuhan keperawatan. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan menganalisis korelasi discharge planning berbasis SECI terhadap
kepuasan pasien di rumah sakit. Metode : Penelitian ini menggunakan desain
cross-section dengan sampel 50 pasien Ruang Palem 1 RSUD Dr. Soetomo.
Penelitian ini dengan teknik consecutive sampling selama satu bulan. Data
penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dari variabel implementasi discharge
planning dan kepuasan pasien. Data penelitian diolah dengan uji deskripsi dan uji
spearman rho dengan nilai p ≤ 0,05. Hasil : Ada hubungan antara dicharge
planning (0,000), socialization (0,001), externalization (0,000), combination
(0,000), internalization (0,000) dengan kepuasan pasien, Kesimpulan : dicharge
planning kepada pasien, perawat dapat memberikan informasi dan tindakan sesuai
yang diharapkan pasien sehingga tingkat kemandirian pasien dan keluarga dapat
optimal. Implemetasi discharge planning yang sudah ada tetap dipertahankan dan
ditingkatkan serta diberikan kepada semua pasien yang dimulai sejak pasien
masuk ruang perawatan hingga hari kepulangan pasien. Perawat dalam
memberikan pelayanan discharge planning untuk meningkatkan dan
mempertahankan dalam segala indicator socialization, externalization,
combination, dan internalizion. | en_US |