• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2024
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2024
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH EDUKASI SUPORTIF TERHADAP SELF EFFICACY PASIEN TB PARU DI KLINIK DOTS RSPAL dr. RAMELAN SURABAYA

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.050Mb)
    BAB 1 (4.876Mb)
    BAB 2 (4.798Mb)
    BAB 3 (4.846Mb)
    BAB 4 (3.851Mb)
    BAB 5 (4.877Mb)
    LAMPIRAN (2.871Mb)
    SIMILARITAS (228.6Kb)
    KESEDIAAN PUBLIKASI (273.0Kb)
    Date
    2024-08-24
    Author
    Muslimah
    Achwandi, Moch.
    Hariyono, Rudi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Self efficacy sangat dibutuhkan oleh pasien TB Paru karena merupakan kekuatan positif dalam diri pasien berupa keyakinan melewati proses pengobatan sampai sembuh. Self efficacy berkaitan dengan keyakinan-keyakinan individu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya sehingga mempengaruhi kognisi dan perilaku. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh edukasi suportif terhadap self efficacy pasien TB paru di Klinik DOTS RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Desain penelitian Quasy eksperiment dengan pendekatan one group pre-test-posttest design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pasien TB paru di Klinik DOTS RSPAL dr. Ramelan Surabaya dengan jumlah rata-rata pasien per bulan sebanyak 47 pasien. Sampel diambil dengan teknik concecutive sampling sebanyak 36 responden. Data dikumpulkan dengan instrument kuesioner dan diuji dengan uji mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mempunyai self efficacy rendah sebanyak 24 responden (66,7%) sebelum diberikan edukasi suportif dan setelah diberikan edukasi suportif sebagian besar mempunyai self efficacy tinggi sebanyak 27 responden (75%). Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai ρ = 0,000 dan α = 0,05 maka ρ < α sehingga ada Pengaruh edukasi suportif terhadap self efficacy pasien TB paru di Klinik DOTS RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Edukasi suportif dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif program pengobatan pasien TB paru untuk meningkatkan self efficacy pasien.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/2858
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2024

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV