ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DENGAN MASALAH DEFISIT PENGETAHUAN MELALUI INTERVENSI NUTRIEDUTAIMENT DI DUSUN LABRIT DESA DANDANGGENDIS
Abstract
Pengetahuan akan gizi seimbang sangat penting dikarenakan rata-rata anak usia sekolah lebih suka memilih makanan yang mereka sukai tanpa memikirkan jenis atau kandungan makanan tersebut. Pemilhan makanan oleh anak usia sekolah dibutuhkan adanya pemberian informasi. Pemberian informasi ini melalui pendidikan kesehatan yang memanfaatkan metode dan media. Media yang bisa diberikan yaitu dengan pendekatan nutriedutainment yang dimana kegiatan tersebut menggabungkan antara edukasi nutrisi dan hiburan sehingga proses pendidikan dan pengajaran nutrisi menjadi menarik juga dapat dengan cepat dipahami. Tujuan dari asuhan keperawatan ini adalah mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan defisit pengetahuan pada anak usia sekolah dengan menggunakan penerapan intervensi nutriedutainment. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam studi kasus sebanyak 2 klien. Teknik pengumpulan data dengan pengkajian kuesioner pengetahuan gizi seimbang. Implementasi asuhan keperawatan pada semua klien setelah dilakukan asuhan keperawatan defisit pengetahuan dengan menggunakan intervensi nutriedutaiment. Selama 3 hari, evaluasi masalah teratasi adanya peningkatan skor tingkat pengetahuan baik. Didapatkan bahwa pentingnya dilakukan intervensi nutriedutainment untuk meningkatkan pengetahuan pada anak usia sekolah.