Hubungan Dukungan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa di Mi Miftahul Huda Pasuruan
View/ Open
Date
2024-08-21Author
Eko Satrio, Muhammad
Azizah, Lilik Ma'rifatul
Khotijah, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Dukungan Orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses prestasi belajar siswa, karena dalam dukungan orang tua terdapat unsur-unsur yang dinamis dalam belajar seperti perasaan, perhatian, kemauan dan lain-lain sehingga dukungan orang tua memang sangat besar untuk prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dan prestasi belajar pada siswa di MI Miftahul Huda Pasuruan. Desain penelitian Cross Sectional. Populasinya semua siswa yakni 88 siswa, sampling yang digunakan adalah tehnik purposive sampling, sampel sebanyak 72 responden. Instrumen dukungan orang tua menggunakan lembar observasi, sedangkan instrumen prestasi belajar menggunakan lembar observasi nilai raport. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden yang dukungan orang tua dengan prestasi belajar dengan kriteria sangat baik yaitu sebanyak 18 responden (25%) kriteria baik sebanyak 42 responden (58,3%). Hasil uji statistic Spearman Rank (Rho) diperoleh hasil ρ < α = 0,05 yaitu 0,01 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima didapatkan tingkat korelasi sebesar 730 dan memiliki hubungan positif artinya ada hubungan dukungan orang tua dan prestasi belajar pada siswa di MI Miftahul Huda Pasuruan. Sebagai dukungan dan prestasi belajar karena didalam dukungan orang tua, dari diri sendiri dan lingkungan sekitar dapat memicu atau mencapai suatu proses peningkatan prestasi belajar jadi semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi prestasi belajar, selain faktor lingkungan yang kondusif juga dapat mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar dengan kriteria baik.