HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH DI TK PERTIWI KOTA MOJOKERTO
View/ Open
Date
2024-10-07Author
Aliyah, Siti
Ratnaningsih, Dr.TriS.Kep.,Ns.,M.Kes
Peni S.Kep., TriNs.,M.Kes
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada era globalisasi seperti saat ini, media diperlukan seseorang untuk
melakukan sebuah interaksi sosial, khususnya untuk melakukan kontak sosial maupun
berkomunikasi. Salah satu media yang digunakan adalah gadget. Gadget sendiri dapat
berupa komputer atau laptop, tablet PC, dan juga telepon seluler atau smartphone.
Dengan menggunakan gadget seseorang dapat berinteraksi satu dengan lainnya.
smartphone tidak hanya digunakan oleh orangtua atau orang dewasa saja akan tetapi,
smartphone mempunyai daya tarik yang mampu memikat hati para anak anak usia dini
karena fitur fitur yang dihadirkan mampu membuat anak lebih tertarik mempunyai
aplikasi game maupun aplikasi youtobe yang mampu membuat mereka ketagihan
untuk menggunakan kembali. Metode penelitian ini menggunakan penelitian
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh anak TK Pertiwi yang berjumlah 50 orang.Teknik
sampling yang digunakan yaitu Total Sampling. Hasil Uji Ststistik menggunkan uji
kolerasi Spearman Rho didapatkan nilai p=value 0,001 < α (0,05%) maka dapat
disimpulkan H1 diterima, yang artinya ada hubungan antara intraksi sosial dengan
Durasi Bermain Gadget dengan Interaksi sosial. Nilai coefesien Colerasi - 0,459 dalam
kategori korelasi sedang dengan arah negative yang artinya semakian tinggi durasi
bermain Gadget maka interkasi sosial semakin rendah.Durasi Bermain gadget
mempengaruhi interaksi sosial pada anak usia dini yang dapat disebabkan oleh
beberapa faktor yaitu, faktor lingungan, faktor tingkat pendidikan serta pengetahuan
orang tua dalam pengelolaan penggunaan gadet pada anak.