HUBUNGAN WAKTU PENGGUNAAN GADGET DENGAN KONSENTRASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI GAYAMAN KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Penggunaan gadget secara luas telah menjadi hal umum di kalangan anak sekolah dasar. Meskipun gadget memiliki manfaat edukatif, penggunaan yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap konsentrasi anak yang merupakan faktor penting dalam keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan tingkat konsentrasi anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi Terdiri dari 177 siswa dari kelas 1-6. Menentukan jumlah sample menggunakan tekhnik Startifaid Random sampling pada setiap kelas . Sampel terdiri dari 123 siswa dari kelas 1-6. Instrumen penelitian berupa kuesioner durasi penggunaan gadget dengan hasil uji validitas menunjukkan r hitung 1.000 > r tabel 0,553, yang artinya kuesioner valid untuk digunakan dan tes konsentrasi menggunakan Stroop Test. Analisis data menggunakan uji spearmen Rho. diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.874 dengan nilai signifikansi p = 0.003 (p < 0.01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan anatara kedua variabel. Anak yang menggunakan gadget < 3 jam per hari sebagian besar memiliki konsentrasi baik (56,3%) dan sedang (40,6%). Pada penggunaan 3 jam, tingkat konsentrasi menurun. Anak yang menggunakan gadget > 3 jam menunjukkan penurunan drastis: 43,9% memiliki konsentrasi kurang dan (56,1%) buruk. Hal ini menunjukan Penggunaan gadget secara berlebihan dapat melemahkan kemampuan otak untuk fokus karena perhatian anak menjadi mudah teralihkan pada gadget, sehingga anak mudah mengalami gangguan konsentrasi.