• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN WAKTU PENGGUNAAN GADGET DENGAN KONSENTRASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI GAYAMAN KABUPATEN MOJOKERTO

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.530Mb)
    ABSTRAK (269.2Kb)
    KETERSEDIAAN PUBLIKASI (640.9Kb)
    BAB I (289.2Kb)
    BAB II (560.3Kb)
    BAB III (404.5Kb)
    BAB IV (378.1Kb)
    BAB V (247.1Kb)
    LAMPIRAN (1.694Mb)
    UJI SIMILARITAS (680.7Kb)
    Date
    2025-07-01
    Author
    husnah, Rismatul
    Peni, Tri
    Indatul, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan gadget secara luas telah menjadi hal umum di kalangan anak sekolah dasar. Meskipun gadget memiliki manfaat edukatif, penggunaan yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap konsentrasi anak yang merupakan faktor penting dalam keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan tingkat konsentrasi anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi Terdiri dari 177 siswa dari kelas 1-6. Menentukan jumlah sample menggunakan tekhnik Startifaid Random sampling pada setiap kelas . Sampel terdiri dari 123 siswa dari kelas 1-6. Instrumen penelitian berupa kuesioner durasi penggunaan gadget dengan hasil uji validitas menunjukkan r hitung 1.000 > r tabel 0,553, yang artinya kuesioner valid untuk digunakan dan tes konsentrasi menggunakan Stroop Test. Analisis data menggunakan uji spearmen Rho. diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.874 dengan nilai signifikansi p = 0.003 (p < 0.01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan anatara kedua variabel. Anak yang menggunakan gadget < 3 jam per hari sebagian besar memiliki konsentrasi baik (56,3%) dan sedang (40,6%). Pada penggunaan 3 jam, tingkat konsentrasi menurun. Anak yang menggunakan gadget > 3 jam menunjukkan penurunan drastis: 43,9% memiliki konsentrasi kurang dan (56,1%) buruk. Hal ini menunjukan Penggunaan gadget secara berlebihan dapat melemahkan kemampuan otak untuk fokus karena perhatian anak menjadi mudah teralihkan pada gadget, sehingga anak mudah mengalami gangguan konsentrasi.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3387
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV