• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PEER ATTCHMENT DENGAN BULLYING PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AN-NAJAH DENANYAR JOMBANG

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.079Mb)
    ABSTRAK (233.7Kb)
    KESEDIAAN PUBLIKASI (286.6Kb)
    BAB 1 (263.3Kb)
    BAB 2 (313.1Kb)
    BAB 3 (236.9Kb)
    BAB 4 (245.0Kb)
    BAB 5 (122.2Kb)
    LAMPIRAN (2.675Mb)
    HASIL UJI SIMILARITAS (239.4Kb)
    Date
    2025-06-17
    Author
    Dafiq Sya'bana, Onnisfu
    Ibnu, Faisal
    Azizah, Umi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peer attachment atau kelekatan teman sebaya berperan penting dalam pembentukan perilaku sosial remaja, termasuk perilaku bullying. Kelekatan yang positif dapat menjadi pelindung terhadap tindakan bullying, sedangkan kelekatan yang negatif dapat meningkatkan risiko individu menjadi pelaku maupun korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara peer attachment dengan perilaku bullying pada santri tahun ajaran baru di Pondok Pesantren An Najjah Denanyar Jombang. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh santri putra tahun ajaran baru sebanyak 63 responden, dan seluruh populasi dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner IPPA untuk variabel peer attachment dan OBVQ untuk variabel bullying. Analisis data menggunakan metode crosstab dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari 26 responden yang memiliki peer attachment positif, hampir setengah responden (46,2%) mengalami bullying yang rendah. Sedangkan dari 37 responden yang memiliki peer attachment negatif, sebagian besar responden (70,3%) mengalami bullying tinggi. Temuan ini menunjukan bahwa peer attachment memiliki kecenderungan hubungan dengan perilaku bullying pada santri. Peer attachment yang positif mendorong pembentukan kepercayaan, komunikasi, dan kedekatan emosional yang dapat mencegah perilaku agresif. Oleh karena itu, dibutuhkan intervensi sosial antara lain program mentoring, penguatan relasi antar santri, dan pembinaan dari pengasuh untuk membentuk iklim sosial yang sehat dan bebas bullying.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3490
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV