• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH EDUKASI KESEHATAN MENGENAI AKUPRESUR TITIK HEGU (LI 4) TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI UNTUK MENGATASI DISMENORE DI MA NUR MUHAMMAD MOJOAGUNG JOMBANG

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.050Mb)
    ABSTRAK (232.4Kb)
    KESEDIAAN PUBLIKASI (541.8Kb)
    BAB I (309.8Kb)
    BAB II (402.6Kb)
    BAB III (366.6Kb)
    BAB IV (315.1Kb)
    BAB V (273.8Kb)
    LAMPIRAN (2.531Mb)
    HASIL SIMILARITAS (576.0Kb)
    Date
    2025-07-28
    Author
    Revimalia Pradinda, Nadilla
    Purwati, Heni
    Yulianti, Indra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dismenore adalah kondisi nyeri di bagian perut yang muncul akibat kontraksi atau kram pada otot rahim selama masa menstruasi. Penanganan non-farmakologis seperti akupresur titik LI4 (Hegu) menjadi alternatif karena lebih praktis dan minim efek samping. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh edukasi akupresur titik Hegu (LI4) terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri dalam mengatasi dismenore di MA Nur Muhammad Mojoagung Jombang. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswi kelas X, XI, XII MA Nur Muhammad Mojoagung Jombang berjumlah 63 siswi, sampel sebanyak 54 diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pengetahuan meningkat setelah diberikan edukasi, 51 responden (98%) dalam kategori baik, 1 (2%) dalam kategri cukup. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya sebagian besar responden belum pernah memperoleh informasi mengenai teknik akupresur sebelumnya, serta berada pada usia remaja pertengahan yang rentan mengalami dismenore dan sedang dalam proses perkembangan kognitif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara edukasi teknik penekanan titik LI4 terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3512
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV