HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN MASALAH PERILAKU EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH 4-6 TAHUN DI RA FATMA DESA PUGERAN KAB MOJOKERTO
Date
2025-08-04Author
Radita Suratno, Putri Pramesti
Ma'rifah, Asirotul
Sa'diyah, Lida Khalimatus
Metadata
Show full item recordAbstract
Masa prasekolah merupakan fase penting perkembangan anak, termasuk dalam aspek emosional. Salah satu faktor yang memengaruhi perilaku emosional anak adalah kualitas tidur. Tidur yang tidak berkualitas dapat menimbulkan gangguan suasana hati, tantrum, hingga perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan masalah perilaku emosional anak usia prasekolah 4-6 tahun di RA Fatma Desa Pugeran Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak usia prasekolah 4-6 tahun sebanyak 60 responden di RA Fatma, dalam penelitian ini, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling sebanyak 44 responden. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner kualitas tidur dan KMPE (Kuesioner Masalah Perilaku Emosional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (59,1%) memiliki kualitas tidur yang berkualitas dan masalah perilaku emosional normal (65,9%). Analisis data dilakukan dengan uji statistik Chi-Square berdasarkan keputusan pengambilan uji statistiknya menggunakan Pearson Chi-square didapatkan p-value 0,001. Dengan (p < 0,05) yang berarti H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan masalah perilaku emosional anak usia prasekolah. Semakin baik kualitas tidur anak maka semakin baik pula perilaku emosional anak