Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun Di RA FATMA Desa Pugeran Kab. Mojokerto
Date
2025-08-04Author
Saputri, Anita Rahman
Ma’rifah, Asirotul
Sa’diyah, Lida Khalimatus
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola asuh anak, termasuk meningkatnya penggunaan gadget pada anak usia prasekolah. Pada usia 4-6 tahun, anak berada pada masa emas perkembangan, di mana stimulasi yang tidak tepat, seperti paparan gadget berlebihan, dapat memengaruhi perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia 4–6 tahun di RA FATMA Desa Pugeran, Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 43 anak dan orang tua. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), Tes Daya Dengar (TDD), dan Tes Daya Lihat (TDL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh sebagian besar anak termasuk dalam kategori penggunaan gadget terkontrol. Hasil KPSP, TDD, TDL menunjukkan bahwa hampir seluruhnya anak memiliki perkembangan sesuai usia. Analisis data menggunakan uji Fisher’s Exact. Uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun dengan nilai p = 0,001 (< 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun di RA FATMA. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan orang tua dalam membatasi waktu penggunaan gadget dan memberikan stimulasi perkembangan yang sesuai