• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun Di RA FATMA Desa Pugeran Kab. Mojokerto

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (789.4Kb)
    ABSTRAK (238.3Kb)
    LEMBAR KESEDIAAN PUBLIKASI (314.3Kb)
    BAB I (122.4Kb)
    BAB II (392.7Kb)
    BAB III (258.6Kb)
    BAB IV (238.1Kb)
    BAB V (105.8Kb)
    LAMPIRAN (1.189Mb)
    UJI SIMILARITAS (151.7Kb)
    Date
    2025-08-04
    Author
    Saputri, Anita Rahman
    Ma’rifah, Asirotul
    Sa’diyah, Lida Khalimatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola asuh anak, termasuk meningkatnya penggunaan gadget pada anak usia prasekolah. Pada usia 4-6 tahun, anak berada pada masa emas perkembangan, di mana stimulasi yang tidak tepat, seperti paparan gadget berlebihan, dapat memengaruhi perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia 4–6 tahun di RA FATMA Desa Pugeran, Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 43 anak dan orang tua. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), Tes Daya Dengar (TDD), dan Tes Daya Lihat (TDL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh sebagian besar anak termasuk dalam kategori penggunaan gadget terkontrol. Hasil KPSP, TDD, TDL menunjukkan bahwa hampir seluruhnya anak memiliki perkembangan sesuai usia. Analisis data menggunakan uji Fisher’s Exact. Uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun dengan nilai p = 0,001 (< 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun di RA FATMA. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan orang tua dalam membatasi waktu penggunaan gadget dan memberikan stimulasi perkembangan yang sesuai
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3550
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV