HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PADA USIA PRA SEKOLAH DI TK DHARMA WANITA DESA SUMBERKARANG KABUPATEN MOJOKERTO
Date
2025-08-06Author
Angelina Puspita Sari, Sefia
Wahyuningrum, Tria
Frilasari, Heni
Metadata
Show full item recordAbstract
Anak usia prasekolah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya pola asuh orang tua. Pola asuh yang tidak sesuai akan berdampak pada perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Desa Sumberkarang Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, desain analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh anak prasekolah di TK Dharma Wanita Sumberkarang Kabupaten Mojokerto sebanyak 36 anak hingga didapatkan sampel sebanyak 34 orang yang diambil dengan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Parenting Styles And Dimensions Questionnaire (PSDQ) dan Lembar Observasi Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menerapkan pola asuh demokratis sebanyak 28 orang tua (82,4%), dan sebagian besar perkembangan dengan kategori sesuai sebanyak 30 anak (88,2%). Berdasarkan hasil uji statistic dengan uji Spearman Rho didapatkan nilai p-value = 0,000 < (0,05) dan r = 0,568 maka H1 diterima, ada hubungan yang signifikan dengan kekuatan sedang antara pola asuh orang tua dengan pekembangan anak usia prasekola di TK Dharma Wanita Desa Sumberkarang Kabupaten Mojokerto. Meskipun secara statistik terdapat hubungan signifikan antara pola asuh dan perkembangan anak, data penelitian menunjukkan masih ada anak dengan perkembangan yang meragukan pada semua jenis pola asuh. Hal ini mengindikasikan bahwa pola asuh merupakan salah satu faktor penting, tetapi bukan satu-satunya penentu perkembangan anak, karena masih ada faktor lain yang turut berperan.