dc.contributor.author | Zainudin, Moh. | |
dc.contributor.author | Miftahurroziq, Ahmad | |
dc.contributor.author | Gufianto, Muhammad Fajar | |
dc.contributor.author | Nurjanah, Eka | |
dc.date.accessioned | 2025-09-08T03:52:00Z | |
dc.date.available | 2025-09-08T03:52:00Z | |
dc.date.issued | 2025-01-12 | |
dc.identifier.issn | 2614-3097 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3677 | |
dc.description.abstract | Pentingnya penguasaan Bahasa Indonesia dalam konteks pendidikan tinggi tidak dapat diragukan,
terutama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa dalam kehidupan akademik
dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran mata kuliah
Bahasa Indonesia pada mahasiswa menggunakan metode studi kasus, dengan fokus pada satu
program studi di sebuah perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah kombinasi wawancara,
observasi kelas, dan analisis dokumen terkait pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
meskipun ada sejumlah kekuatan dalam pengajaran Bahasa Indonesia, seperti interaksi dosenmahasiswa
yang
positif,
terdapat
pula
tantangan
signifikan
dalam
hal
pengembangan
materi
ajar
dan
aplikasi pembelajaran yang relevan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pengajaran
Bahasa Indonesia lebih ditingkatkan dengan pembaruan kurikulum yang lebih aplikatif dan
pengembangan metodologi yang lebih interaktif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting
dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada pendidikan tinggi. | en_US |
dc.publisher | Jurnal Pendidikan Tambusa | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Volume 9 Nomor 1 Tahun 2025; | |
dc.subject | Evaluasi Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Bahasa Indonesia | en_US |
dc.subject | Mahasiswa | en_US |
dc.subject | Kualitas Pembelajaran | en_US |
dc.title | Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia pada Mahasiswa: Analisis Kualitas Pembelajaran | en_US |
dc.type | Article | en_US |