dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan strategi menulis terbimbing, pelaksanaan
strategi menulis terbimbing, dan evaluasi penerapan strategi menulis terbimbing dalam pembelajaran
daring pada mata kuliah karya ilmiah. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, yang mana
data yang dihasilkan adalah data deskriptif baik berupa kata-kata yang diwujudukan dalam simbolsimbol
huruf maupun ujaran lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Teknik
pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data
dengan tahapan sebagai berikut: (1) reduksi data. Aktivitas ini dapat diuraikan seperti memilih data
sesuai tingkat relevansi dan keterkaitannya dengan kelompok data, melakukan penyusunan data dalam
satu unit yang serupa, dan membuat kode. (2) menyajikan data dengan melakukan penyusunan data
yang relevan, (3) menarik kesimpulan untuk mendapatkan makna dari gejala yang tersebar sehingga
memiliki makna yang dalam. Sesuai dengan hasil dan pembahasan, strategi menulis terbimbing dapat
membantu mahasiswa menulis artikel ilmiah. Hal itu dapat terlihat pada nilai yang didapatkan
mahasiswa. Dari 15 mahasiswa, satu mahasiswa tidak lulus, karena artikel tidak sesuai template dan hasil
Turnitin lebih dari 30%, sadangkan 14 mahasiswa lulus dengan nilai paling rendah 78 dan nilai tertinggi
87. | en_US |