Peran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa
Date
2025-06-02Author
Juwairiah, Juwairiah
Lubis, M.Syukri Azwar
Rizki, Melinda Yusri
Aminuddin, Rosihan
Darwata, Siti Riva
Zainudin, Moh.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan
pemahaman konsep sains siswa sekolah menengah. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus,
penelitian dilakukan di lingkungan pembelajaran alami dengan melibatkan siswa dan guru yang telah
menggunakan AR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR efektif dalam memvisualisasikan konsepkonsep
abstrak
menjadi
model
interaktif
tiga
dimensi,
sehingga
memfasilitasi
pemahaman
yang
lebih
mendalam
sesuai
dengan
prinsip
konstruktivisme.
Teknologi
ini
tidak
hanya
meningkatkan
keterlibatan
siswa
tetapi
juga
memungkinkan
pembelajaran
yang
lebih
personal
melalui
eksplorasi
mandiri.
Namun,
implementasi
AR
menghadapi
beberapa
tantangan,
termasuk
keterbatasan
infrastruktur,
kesiapan
guru,
dan
kesesuaian
konten
dengan
kurikulum
lokal.
Studi
ini
merekomendasikan
pengembangan
konten
AR
yang
lebih
kontekstual,
pelatihan
guru
yang
memadai,
serta
kolaborasi
antara
pengembang
teknologi
dan
pendidik.
Temuan
penelitian
memberikan
kontribusi
penting
dalam
memahami
potensi
AR
sebagai media pembelajaran inovatif, sekaligus menyoroti aspek-aspek yang perlu diperhatikan untuk
optimalisasi penggunaannya di kelas sains.