HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP MA'ARIF KOTA BATU
Abstract
Masa remaja awal merupakan tahap penting dalam perkembangan kognitif dan sosial anak. Pada masa ini, siswa sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan digital, termasuk kebiasaan bermain game online. Intensitas bermain game online yang tinggi dapat berdampak pada turunnya fokus belajar dan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara intensitas bermain game online dengan prestasi belajar siswa di SMP Ma’arif Kota Batu. Metode yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMP Ma’arif Kota Batu dengan jumlah sampel sebanyak 86 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa Game Addiction Scale for Adolescents dan dokumentasi nilai rapor. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rho. Berdasarkan uji Spearman Rho didapatkan nilai p value (0,000) < (0,05) dimana Ho ditolak sehingga terdapat hubungan antara intensitas bermain game online dengan prestasi belajar. Dengan hasil itu menunjukkan bahwa mayoritas siswa laki-laki memiliki intensitas bermain game online tinggi dan sangat tinggi, serta lebih dari setengah responden memiliki prestasi belajar di bawah KKM sehingga terdapat hubungan negatif yang sangat kuat antara intensitas bermain game online dengan prestasi belajar siswa sehingga semakin tinggi intensitas bermain game online, maka semakin rendah prestasi belajar siswa.