HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SMP NEGERI 1 MOJOSARI MOJOKERTO
Abstract
Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah perkembangan internet.Yang paling mencolok dibandingkan dengan layanan lain adalah media sosial. Dengan media sosial orang mengakses internet tidak hanya untuk mencari informasi tetapi juga dapat berkomunikasi bahkan sebagai sumber belajar terutama dikalangan siswa SMP. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui hubungan penggunaan media sosial sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama di SMPN 1 Mojosari. Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan croos sectional.Populasi dalam penelitian ini adalah 203 siswa kelas 7 di SMPN 1 Mojosari. Sampling pada penelitian ini menggunakan stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebagian siswa SMPN 1 Mojosari berjumlah 67 siswa. Variabel pada penelitian ini adalah penggunaan media sosial dan prestasi belajar. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuisioner untuk penggunaan media sosial dan nilai raport untuk menilai prestasi belajar. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Juni 2025 sampai dengan Juli 2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 61 responden yang selalu menggunakan media sosial sebagian besar memiliki prestasi belajar yang sangat baik sebanyak 34(55,7%) responden. Hasil Uji spearment rank menunjukkan P value (0,002) < ɑ (0,05) dan koefiensi korelasi 0,336.yang memiliki makna bahwa Ho di tolak sehingga terdapat hubungan antara penggunaan media sosial sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar serta memiliki keeratan hubungan rendah. Dengan adanya internet, siswa dapat dengan mudah mengakses sosial media sebagai sumber belajar agar siswa dapat meningkatkan prestasi belajar.