• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SMP NEGERI 1 MOJOSARI MOJOKERTO

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (346.2Kb)
    ABSTRAK (141.7Kb)
    KETERSEDIAAN PUBLIKASI (546.9Kb)
    BAB I (81.01Kb)
    BAB II (209.5Kb)
    BAB III (173.4Kb)
    BAB IV (169.8Kb)
    BAB V (71.45Kb)
    LAMPIRAN (4.866Mb)
    HASIL SIMILARITAS (367.6Kb)
    Date
    2025-08-19
    Author
    hari kristanty, nathalia putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah perkembangan internet.Yang paling mencolok dibandingkan dengan layanan lain adalah media sosial. Dengan media sosial orang mengakses internet tidak hanya untuk mencari informasi tetapi juga dapat berkomunikasi bahkan sebagai sumber belajar terutama dikalangan siswa SMP. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui hubungan penggunaan media sosial sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama di SMPN 1 Mojosari. Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan croos sectional.Populasi dalam penelitian ini adalah 203 siswa kelas 7 di SMPN 1 Mojosari. Sampling pada penelitian ini menggunakan stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebagian siswa SMPN 1 Mojosari berjumlah 67 siswa. Variabel pada penelitian ini adalah penggunaan media sosial dan prestasi belajar. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuisioner untuk penggunaan media sosial dan nilai raport untuk menilai prestasi belajar. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Juni 2025 sampai dengan Juli 2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 61 responden yang selalu menggunakan media sosial sebagian besar memiliki prestasi belajar yang sangat baik sebanyak 34(55,7%) responden. Hasil Uji spearment rank menunjukkan P value (0,002) < ɑ (0,05) dan koefiensi korelasi 0,336.yang memiliki makna bahwa Ho di tolak sehingga terdapat hubungan antara penggunaan media sosial sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar serta memiliki keeratan hubungan rendah. Dengan adanya internet, siswa dapat dengan mudah mengakses sosial media sebagai sumber belajar agar siswa dapat meningkatkan prestasi belajar.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3864
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV