• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELAS 4 DAN 5 DI MI ISLAMIYAH PALOH PACIRAN LAMONGAN

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.769Mb)
    ABSTRAK (322.5Kb)
    KETERSEDIAAN PUBLIKASI (147.1Kb)
    BAB I (345.6Kb)
    BAB II (514.6Kb)
    BAB III (429.1Kb)
    BAB IV (420.5Kb)
    BAB V (321.8Kb)
    LAMPIRAN (2.736Mb)
    UJI SIMILARITAS (929.2Kb)
    Date
    2025-09-17
    Author
    Wantiyah, Eva Kris
    Wahyuningrum, Tria
    Suryantini, Naning Puji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di era digital, gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan anak-anak, tetapi dampaknya terhadap perkembangan sosial sering kali luput dari perhatian. Oleh karena itu Penggunaan gadget pada anak usia sekolah menjadi perhatian penting karena dapat memengaruhi perkembangan sosial mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak kelas 4 dan 5 di MI Islamiyah Paloh Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah anak kelas 4 dan 5 di MI Islamiyah Paloh Paciran Lamongan sebanyak 38 responden, sampel sebanyak 38 responden didapat dengan menggunakan teknik Total Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur lama penggunaan gadget dan tingkat perkembangan sosial anak. Data dianalisa menggunakan uji statistik Spearman Rho dengan tingkat kemaknaan α (0.05). Hasil penelitian menunjukkan nilai ρ-value = 0.000, artinya ρ (0.000) < α (0.05) dan koefisien korelasi r = -0.913, yang mengindikasikan hubungan positif yang sangat kuat. atau H1 diterima: ada hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak kelas 4 dan 5 di MI Islamiyah Paloh Paciran Lamongan. Hal ini berarti semakin lama anak menggunakan gadget, semakin buruk perkembangan sosial mereka. Perlunya pengawasan yang lebih ketat dari orang tua terhadap durasi penggunaan gadget anak. Selain itu, perlu disediakan aktivitas alternatif yang mendukung interaksi sosial, seperti kegiatan bermain bersama teman sebaya atau aktivitas kelompok. Upaya ini penting untuk memastikan perkembangan sosial anak tetap optimal di era digital.
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/3881
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEBIDANAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV