HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELAS 4 DAN 5 DI MI ISLAMIYAH PALOH PACIRAN LAMONGAN
Date
2025-09-17Author
Wantiyah, Eva Kris
Wahyuningrum, Tria
Suryantini, Naning Puji
Metadata
Show full item recordAbstract
Di era digital, gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan anak-anak, tetapi dampaknya terhadap perkembangan sosial sering kali luput dari perhatian. Oleh karena itu Penggunaan gadget pada anak usia sekolah menjadi perhatian penting karena dapat memengaruhi perkembangan sosial mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak kelas 4 dan 5 di MI Islamiyah Paloh Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah anak kelas 4 dan 5 di MI Islamiyah Paloh Paciran Lamongan sebanyak 38 responden, sampel sebanyak 38 responden didapat dengan menggunakan teknik Total Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur lama penggunaan gadget dan tingkat perkembangan sosial anak. Data dianalisa menggunakan uji statistik Spearman Rho dengan tingkat kemaknaan α (0.05). Hasil penelitian menunjukkan nilai ρ-value = 0.000, artinya ρ (0.000) < α (0.05) dan koefisien korelasi r = -0.913, yang mengindikasikan hubungan positif yang sangat kuat. atau H1 diterima: ada hubungan lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak kelas 4 dan 5 di MI Islamiyah Paloh Paciran Lamongan. Hal ini berarti semakin lama anak menggunakan gadget, semakin buruk perkembangan sosial mereka. Perlunya pengawasan yang lebih ketat dari orang tua terhadap durasi penggunaan gadget anak. Selain itu, perlu disediakan aktivitas alternatif yang mendukung interaksi sosial, seperti kegiatan bermain bersama teman sebaya atau aktivitas kelompok. Upaya ini penting untuk memastikan perkembangan sosial anak tetap optimal di era digital.