• Login
    View Item 
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    •   Home
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN TINGKAT STRES AKADEMIK BERDASARKAN JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BANGSAL

    Thumbnail
    View/Open
    PENDAHULUAN (1.678Mb)
    ABSTRAK (388.9Kb)
    KESEDIAAN PUBLIKASI (151.4Kb)
    BAB I (401.1Kb)
    BAB II (544.6Kb)
    BAB III (564.2Kb)
    BAB IV (520.4Kb)
    BAB V (274.5Kb)
    LAMPIRAN (3.065Mb)
    HASIL SIMILARITAS (113.4Kb)
    Date
    2025-07-14
    Author
    Arnanda, Diva
    Zainuri, Imam
    Khodijah, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa SMA merupakan siswa dalam tahap perkembangan dimana banyak menimbulkan perubahan yang signifikan dalam aspek kognitif, emosional, dan sosial. Siswa SMA laki-laki dan perempuan menghadapi serta mengelola stres di sekolah dengan cara yang tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres yang dialami oleh siswa SMA laki-laki dan perempuan. Menggunakan desain penelitian comparative dengan pendekatan cross-sectional. Dari populasi 427 siswa menjadi 207 responden dipilih melalui teknik clauster random sampling. Menggunakan instrumen student-life stress inventory (SLSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA laki-laki mengalami tingkat stress sedang (97,9%) dan Sebagian besar perempuan mengalami tingkat stress sedang (87,6%). Analisa data menggunakan Deskriptive Comparative diperoleh (P-value) 0,019 < α: 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel stres akademik pada jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Temuan ini mengindikasikan bahwa jenis kelamin mungkin memengaruhi cara siswa menghadapi atau merasakan stres akademik, menyoroti pentingnya mempertimbangkan perbedaan gender dalam merancang program dukungan atau intervensi manajemen stres di sekolah untuk memastikan pendekatan yang lebih disesuaikan dan efektif
    URI
    https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/4057
    Collections
    • SKRIPSI S1 KEPERAWATAN 2025

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV