PERBEDAAN TINGKAT STRES AKADEMIK BERDASARKAN JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BANGSAL
Abstract
Siswa SMA merupakan siswa dalam tahap perkembangan dimana banyak menimbulkan perubahan yang signifikan dalam aspek kognitif, emosional, dan sosial. Siswa SMA laki-laki dan perempuan menghadapi serta mengelola stres di sekolah dengan cara yang tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres yang dialami oleh siswa SMA laki-laki dan perempuan. Menggunakan desain penelitian comparative dengan pendekatan cross-sectional. Dari populasi 427 siswa menjadi 207 responden dipilih melalui teknik clauster random sampling. Menggunakan instrumen student-life stress inventory (SLSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA laki-laki mengalami tingkat stress sedang (97,9%) dan Sebagian besar perempuan mengalami tingkat stress sedang (87,6%). Analisa data menggunakan Deskriptive Comparative diperoleh (P-value) 0,019 < α: 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel stres akademik pada jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Temuan ini mengindikasikan bahwa jenis kelamin mungkin memengaruhi cara siswa menghadapi atau merasakan stres akademik, menyoroti pentingnya mempertimbangkan perbedaan gender dalam merancang program dukungan atau intervensi manajemen stres di sekolah untuk memastikan pendekatan yang lebih disesuaikan dan efektif